HTML/Javascript

Friday 1 August 2014

Sumatera Utara : Pesona Alam Nan Elok

Daerah yang terletak secara geografis pada 1 - 4 derajat LU dan 98 - 100 derajat BT. dengan luas daratan 72.981,23 km2
ini membuatnya terbagi kedalam empat bagian yaitu pesisir timur, pegunungan bukit barisan, pesisir barat dan kepulauan nias.

Daerah yang dimaksud pada deskripsi diatas yaitu Provinsi Sumatera Barat.


pasti semua sudah tau dengan provinsi yang satu ini, beribukota di Medan yang katanya sebagai kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.

Tugu Monas, Jakarta

 Monumen Sura dan Baya, Surabaya

Sumatera Utara terkenal akan keindahan alamnya yang begitu menakjubkan dan tak kalah hebat dari yang lainnya. bagi kalian yang belum pernah bermain ke provinsi ini, buru - buru deh biar kalian bisa ngerasain nikmatnya alam Sumatera Utara ini, pastinya gak bakal nyesel.
nih beberapa panorama alam Sumatera Utara yang patut kalian kunjungi, cekidot
1. Danau Toba dan Pulau Samosir

gambar Danau Toba

gambar Pulau Samosir
bagi kalian yang kuliah di jurusan ilmu kebumian ( Teknik Geologi ) pasti Danau Toba dan Pulau Samosir adalah peristiwa yang sangat berhubungan dengan geologi dari proses terbentuknya. letusannya yang dianggap sebagai letusan supervolcano ini sampai menyebabkan kematian massal akibat abu vulkanik yang hampir menutupi sebagian planet bumi ini ( China - Afrika ). begitu luar biasanya letusan ini membuat sebuah danau eksotis dengan sebuah pulau di tengahnya, pastinya menjadi daya tarik utama dari pada wisatawan untuk berkunjung ke Sumatera Utara ini sendiri.

2. Dolok Tinggi Raja


























sebuah kawasan perbukitan karst di kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Dolok Tinggi Raja ini terkadang juga akrab disapa sebagai salju panas, karena bentukan ornamennya yang berwarna putih mengkilap disertai kemunculan air panas. wisata ini kurang diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena minimnya informasi dan iklan mengenai tempat tersebut.

3. Gunung Sibayak

gambar Gunung Sibayak

gambar Kawah Gunung Sibayak

Bagi pecinta kegiatan olahraga alam bebas seperti mendaki gunung, tentu gunung ini sudah tak asing lagi bukan? "Gunung Raja" adalah julukan yang diberikan pada gunung yang terkenal ini oleh warga Batak Karo. walaupun hanya 2212 mdpl, gunung ini sudah bisa memberikan anda kesan mendaki gunung yang menyenangkan. banyak juga para pendaki yang berburu - buru untuk melancong kesana. 

4. Bukit Lawang

gambar Bukit Lawang
Suasana asri ala pedesaan yang masih terjaga kelestariannya, dan suasana yang terasa sejuk dan pastinya terasa lebih dekat dengan alam, itu lah mungkin yang ada di dalam kepala kalian setelah melihat Bukit Lawang. Sebuah desa wisata yang mini yang terletak di tepi Sungai Bohorok. Bukit Lawang dikenal sebagai tempat rehabilitasi para Orang Utan yang kini semakin lama semakin tak terdengar lagi suaranya di bumi pertiwi ini. Bukit Lawang ini bisa kalian jadikan destinasi wisata anda saat libur panjang, karena dijamin pikiran anda akan segera fresh ketika berada disana.

5. Gunung Sinabung

 gambar Gunung Sinabung

gambar letusan Gunung Sinabung

Gunung yang pada 15 Januari 2014 ini menunjukkan suaranya lagi setelah sekitar 1.200 tahun tertidur. terletak di dataran tinggi Karo memiliki ketinggian 2.460 mdpl. Indah dan Eksotis, adalah kata - kata yang tergambarkan untuk gunung satu ini. beberapa pendaki Indonesia juga menjadikan ini sebagai gunung favorit seperti teman saya yang bernama abdul hadi yang telah mendakinya.

sekian dulu, semoga tertarik untuk mengunjunginya, thanks sobat

No comments:

Post a Comment