HTML/Javascript

Thursday 31 July 2014

Aceh: Taman Nasional Gunung Leuser

Sebuah provinsi yang terletak di ujung barat dari nusantara ini menyimpan keindahan alam yang tak terkalahkan. keindahan yang ditampilkan dari
seni kebudayaan, nilai religius, wisata yang mempesona serta keindahan lain yang akan memanjakan mata anda sejenak.

gambar 1 Masjid Raya Baiturrahman

gambar 2 Pulau Weh

Aceh, itu lah nama provinsi tersebut. tempat penyebaran kebudayaan islam pertama di indonesia dan memiliki jumlah umat islam yang besar. walaupun telah terjadi banyak peristiwa yang menggemparkan nusantara bahkan dunia seperti kejadian pada 2004 lalu yang menimpa aceh dengan gempa yang pusatnya di dasar laut sehingga menimbulkan tsunami yang telah menewaskan 170.000 manusia dan berbagai bangunan - bangunan yang berdiri disana. namun hanya satu bangunan yang masih berdirii dengan kokoh ialah masjid raya Baiturrahman.

Bumi Aceh ini luar biasa indah akan kondisi alamnya yang bersahabat, dan membuat sebagian besar traveller ingin mengunjunginya, apalagi para pendaki gunung yang memiliki impian besar untuk mendaki salah satu gunung terberat untuk dinaiki oleh pendaki. Gunung tersebut adalah Gunung Leuser yang tergabung dalam Taman Nasional Gunung Leuser. ketinggian 3381 mdpl, tidak lah berat namun perjalanan mencapai summit yang memakan waktu antara 7 - 8 hari, dengan medan yang bervariasi membuat gunung ini begitu berat dan hanya beberapa orang sanggup melewati dan tertawa di puncak 3381 mdpl tersebut.

gambar 3 Gunung Leuser

untuk mendakinya, ada 3 jalur pendakian yang bisa sobat pilih antara lain adalah jalur Kedah, jalur Agusen, dan jalur Muekek. namun dari ketiga jalur itu, sangat disarankan untuk memilih jalur Kedah, mengapa? sebab jalur tersebut lebih sering dipakai, medan tidak seberat dua jalur lainnya. tetapi jika sobat pendaki berniat untuk mengambil jalur Agusen maka sobat mesti memperhitungkan logistik dan konsumsi yang lebih banyak karena jalur ini lebih lama waktu tempuhnya, sedangkan jalur Muekek memiliki medan yang sangat curan sehingga diperlukan perlengkapan khusus untuk melewatinya.

gambar 4 pintu masuk

pada perhitungan normalnya selama perjalanan, untuk hari pertama biasanya akan sudah mencapai daerah Simpang Air, lalu hari ke 2 sampai di Angkasan, kemudian hari 3 sampai di Lintasan Badak dan pada hari ke empat sampai di Padang Rumput. selanjutnya perkiraan hari kelima sampai di Kolam Badak, dilanjutan hari ke 6 dan 7 asing - masing sampai pada wilayah Bipak Kaleng dan Lapangan Bola - Puncak Leuser. 

Maka dari itu sebaiknya kondisi fisik dan psikis harus benar - benar dipersiapkan, jarak tempuh, medan berat dan waktu yang lama membuat sobat semua harus siap. 
terima kasih

No comments:

Post a Comment