HTML/Javascript

Thursday 1 January 2015

Perspektif Sequences Bouma by Shanmugam

Shanmugam adalah seorang sedimentologist yang berasal dari india. Beliau membuat
sebuah perspektifnya mengenai sequence bouma yang dibagi menjadi 3 kelompok :

1. Sandy Debris Flow
Kelompok ini dihuni oleh sequence bouma interval TA. Berisikan oleh partikel pasir kasar - medium. Menurut  Shanmugam, TA ini bukan karena adanya arus turbidit melainkan karena adanya pengaruh gravitasi. Maksudnya adalah gaya gravitasi ini menyebabkan peristiwa longsor yang mana longsoran ini membawa partikel - partikel kasar dari pasir kasar sampai pasir medium. Maka dari itu butiran jenis ini lebih dahulu terendapkan karena berat jenisnya lebih besar dari pada butiran yang berada diatas interval TA. Sebenarnya pada TA ini ada pengaruh dari arus turbidit namun pengaruhnya ini diperoleh saat debris flow terjadi. Dimana untuk membentuk arus turbidit membutuhkan bantuan dari pertama perpaduan dari arus suspensi dan traksi dan kedua adalah kemiringan slope. Yang perlu diperhatikan yaitu bahwa peran dari debris flow ini lebih dominan jika dibandingkan arus turbidit pada interval TA.

2. Bottom-Current Reworking
Kelompok ini dihuni oleh sequence bouma interval TB - TD. Berisikan oleh partikel medium - halus. Menurut Shanmugam, TB - TD ini terjadi karena pengaruh dari arus turbidit yang terbentuk setelah longsoran itu terjadi. Maksudnya yaitu arus turbidit yang datang setelah longsoran itulah yang menyebabkan disebut sebagai arus bawah yang bekerja secara berulang - ulang dan membentuk interval TB - TD. Yang perlu diingat yaitu bahwa peran pasca debris flow itu sangat penting dalam pembentukan arus bawah.

3. Pelagic and Hemipelagic
Kelompok ini dihuni oleh sequence bouma interval TE. Berisikan oleh partikel - partikel halus - sangat halus. Menurut Shanmugam, TE ini terjadi karena adanya pengaruh dari arus suspensi yang berada di daerah atau zona laut yang airnya tenang. Zona tersebut berada didaerah yang bawah.  Dengan begitu, arus suspensi inilah yang membuat lapisan TE dengan lapisan berisikan silt, clay and mud.

Demikian saja materinya
Semoga bermanfaat
Monggo barangkali ada yang keliru bisa temen2 komen atau tambahkan

No comments:

Post a Comment